lifestyle

Minggu, 30 Januari 2011

Pola makan yang benar

Makan adalah kebiasaan yang sangat tergantung pada orang-orang yang hidup bersama kita dalam sehari-hari. Tergantung juga pada tempat tinggal kita dan emosi kita. Waspadai situasi-situasi yang biasa mendorong anda untuk makan berlebihan. Kita mungkin juga tidak menyadari kebiasaan makan kita yang "buruk" yang dapat mengarahkan pada asupan kalori berlebihan. Misalnya makan cepat, makan dengan suapan besar, makan ketika tegang atau bosan, menghabiskan porsi besar makanan ketika tidak lapar.

Tips-tips pola makan sehat dan benar:
1. Jangan makan sementara melakukan pekerjaan lain, misalnya menonton tv,membaca,dll. Makanlah hanya    dimeja makan, bukan didepan kulkas sambil berdiri.
2. Jangan makan cepat-cepat. Mengunyah pelan-pelan memberi kita waktu untuk menyadari rasa kenyang.Jangan penuhi sendok atau garpu anda sampai isi mulut anda tertelan habis.
3. Jangan membeli makanan berkalori tinggi yang bisa menjadi masalah, bertahanlah dengan menu yang anda pilih agar melatih pola makan sehat.
4. Rencanakan suatu strategi untuk menghindari makan dan minum tanpa terkontrol pada pesta-pesta, atau ketika emosi memaksa anda mengemil.
5. Berjanjilah pada diri sendiri, setiap kali bila anda merasakan adanya dorongan untuk mengemil, anda akan melibatkan diri dalam suatu aktivitas yang menjauhkan diri dalam suatu aktifitas yang menjauhkan diri dari makanan, misalnya berjalan kaki, gosok gigi, menelepon seorang teman,dll. Bila anda makan karena bosan, carilah hobi baru atau minat baru yang bisa membuat anda lupa akan makan atau mengemil.


Sumber: "panduan diet sehat menuju langsing dan ideal"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar